Chat with us, powered by LiveChat
Sepakbola

China Jadi Tuan Rumah Piala Dunia Antarklub 2021 dengan Format Baru

single-image

Shanghai – China dipastikan akan menggelar Piala Dunia Antarklub di 2021. Selain itu, turnamen tersebut juga akan mengalami perubahan format.

Keputusan tersebut diumumkan dalam sebuah pertemuan FIFA di Shanghai pada Kamis (24/10/2019). Di format baru itu, Piala Dunia Antarklub akan diperluas menjadi 24 peserta, jauh lebih banyak dibandingkan format tujuh tim yang diterapkan pada saat ini.

Piala Dunia Antarklub dengan format baru akan diselenggarakan di antara Juni dan Juli 2021. Kontestan turnamen itu terdiri atas delapan tim Eropa, satu dari China, satu dari Oceania, dan masing-masing tiga tim lain dari konferensi lain.

Presiden UEFA Aleksander Ceferin sesungguhnya menentang perubahan format Piala Dunia Antarklub karena dianggap sebagai usaha untuk menyaingi prestis Liga Champions. Namun, Presiden FIFA Gianni Infantino tetap memberi lampu hijau untuk turnamen dengan format baru ini.

“Ini adalah sebuah keputusan bersejarah untuk sepakbola,” kata Infantino dikutip ESPNFC.

Qatar akan menggelar dua edisi terakhir Piala Dunia Antarklub dalam format tujuh tim. Kompetisi ini akan dilangsungkan pada 11 Desember 2019, di mana Liverpool memasuki fase semifinal.

Sementara itu, FIFA mengonfirmasi bahwa Piala Dunia 2030 akan dipilih pada 2024 di pertemuan kongres ke-74. Sedangkan proses bidding akan diluncurkan pada kuartal kedua 2022.

urnamen ini akan diselenggarakan pada Juni 2021. Alih-alih dihelat tiap tahun, Piala Dunia Antarklub dengan format terbaru ini digelar tiap empat tahun.

Adapun pesertanya terdiri dari delapan klub Eropa, enam klub dari Amerika Selatan, serta masing-masing tiga klub dari Afrika, Asia, Amerika Tengah, Amerika Utara, dan satu dari Oseania.

Menariknya, terdapat sejumlah klub elit Eropa yang tidak setuju dengan format baru ini, termasuk Juventus, Manchester United, Barcelona dan Ajax Amsterdam. Mereka bahkan berniat memboikot kompetisi tersebut.

“Kami menolak adanya revisi Piala Dunia Antarklub saat ini dan dengan tegas mengonfirmasi bahwa tidak ada klub di bawah naungan Asosiasi Klub Eropa akan berpartisipasi,” tulis ECA kepada Infantino dalam sebuah surat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like